Tuesday, February 3, 2015

Taman Nasional Kutai (TNK), Paru-Paru Dunia di Bontang

Taman Nasional Kutai adalah taman nasional ketiga yang terletak di Kalimantan Timur tepatnya di jalan poros Samarinda – Bontang – Sangatta. Taman nasional ini memiliki luas 198.629 ha. Taman Nasional ini berfungsi sebagai paru-paru dunia dan menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan seperti PT. Kaltim Prima Coal, PT. Pupuk Kaltim, PT. Badak LNG, dan Pertamina (Mitra Kutai).

Taman Nasional Kutai via tnkutai.com
Keindahan taman ini menjadikannya kawasan sebagai tempat wisata karena terdapat beberapa tempat menarik seperti Teluk Kaba, Muara Sangkimah, Teluk Lombok, Muara Sungai Sangata, Prevab Mentoko dan wisata gowa yaitu Goa Lobang Angin. Selain itu, juga terdapat banyak sekali flora serta fauna khas Kalimantan.

Kawasan TNK memiliki berbagai tipe vegetasi seperti hutan bakau (mangrove), hutan rawa air tawar, hutan kerangas, hutan genangan dataran rendah, hutan ulin/meranti/kapur dan hutan dipterocarpaceae campuran. Taman nasional ini merupakan perwakilan hutan ulin yang paling luas di Indonesia.

Jika ingin berkunjung ke Taman Nasionak Kutai, Paru-Paru Dunia Ketiga ini, butuh waktu sekitar 2,5 jam dari Balikpapan - Samarinda lalu dari Samarinda - Bontang sekitar 3 jam dengan kendaraan roda empat atau travel. Setelah sampai di Kota Bontang, Anda harus menggunakan Teluk Kaba dengan menggunakan speed boat sekitar 30 menit. Selain itu antara Bontang-Sanggata terdapat jalan raya membelah taman nasional.


Disqus Comments