Sunday, January 18, 2015

Wisata Hutan Bakau Berbas Pantai di Kota Bontang

Peluang wisata Bontang memang masih sangat menjanjikan, buktinya Pemkot Kota Bontang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bontang berupaya meningkatkan sektor wisata ini walaupun sudah ada Pulau Beras Basah dengan keindahan pantai dan pemandangan bawah lautnya.

Tahu kah Anda, jika Bontang juga memiliki Wisata Mangrove (Hutan Bakau) yang terletak di wilayah pesisir Berbas Pantai. Selain di wilayah Berbas Pantai, terdapat juga kawasan mangrove yang lain di Kota Bontang yaitu di Tanjau Limau dan Bontang Kuala.

Beberapa jenis mangrove yang bisa ditemui di perairan laut Bontang yaitu jenis Rhizopora sp, Bruguiera sp, Avicennia sp, dan Ceriop sp.


Hutan Mangrove dinggap memiliki banyak manfaat. Selain berfungsi sebagai penahan abrasi pantai, hutan bakau juga berfungsi sebagai penambat bahan-bahan pencemar yang ada di perairan pantai. Tak hanya itu, lanjut dia, hutan bakau juga menjadi habibat dari beragam biota laut dan spesies yang ada di sekitarnya.

Upaya menjadikan hutan mangrove sebagai kawasan wisata merupakan salah satu upaya Pemkot Bontang untuk tetap menjaga sekaligus melestarikan kawasan mangrove di Kota Taman.

Hutan mangrove ini memiliki banyak manfaat. Selain berfungsi sebagai penahan abrasi pantai, hutan bakau ini juga berfungsi sebagai penghambat bahan-bahan pencemar di perairan pantai. Tak hanya itu, hutan bakau juga menjadi habitat dari beragam biota laut dan spesies di sekitarnya.
Disqus Comments