Saturday, February 7, 2015

Ini Alasannya Kenapa Smartphone Kamu Harus Dibersihkan Setiap Hari

Saat ini, teknologi sudah berkembang pesat bahkan smartphone sudah jadi tren dan gaya hidup bagi masyarakat, khususnya di daerah metropolitan. Setiap harinya, gadget yang satu ini tak pernah lepas dari sentuhan atau genggaman tangan.


Tahukah Anda kalo smartphone juga bisa menyimpan banyak bakteri dan kuman yang diakibatkan karena sering terjadi kontak dengan jari. Dalam sehari, tangan bisa menyebarkan lebih dari puluhan jenis bakteri serta kotoran dari tombol telepon, tombol lift, pegangan tangga, uang, kursi di transportasi umum dan lainnya.

Ketika tangan memegang atau menyentuh smartphone maka bakteri pun ikut berpindah. Bisa dibayangkan jumlah bakteri yang menumpuk jika Anda bisa memegang ponsel puluhan kali sehari.

Survei yang dilakukan Kleiner Perkins Caufield & Byer's dalam laporan tahunannya Internet Trends menunjukkan, orang mengecek smartphone mereka hingga 150 kali sehari. Seperti dikutip dari ABC News, rata-rata orang mengirim pesan teks sebanyak 23 kali sehari, 22 kali menelepon dan 18 kali untuk memanfaatkan waktu luang.

Para peneliti di Amerika Serikat juga menemukan, di dalam 51 sample ponsel terdapat sedikitnya 7.000 jenis bakteri. Beberapa ada yang tidak berbahaya, namun tak sedikit pula yang membahayakan kesehatan.

"Ketika Anda menggunakan ponsel, benda itu akan menjadi panas. Suhu yang panas akan membuat bakteri semakin mudah memperbanyak diri," ujar Laura Bowater, seorang ahli mikrobiologi dari University of East Anglia, seperti dikutip dari Daily Mail.

Bakteri apa saja yang biasa terdapat dalam ponsel atau smartphone Anda? Antara lain enterococcus dan pseudomonas. Keduanya bisa menyebabkan infeksi akut. Perlu diketahui, enterococcus adalah bakteri yang juga ditemukan pada faeces manusia sedangkan pseudomonas pada hewan dan tanah.

Ponsel dengan tombol atau keypad ternyata lebih berbahaya ketimbang layar sentuh karena memungkinkan bakteri mengendap lebih lama. Ponsel bertombol memiliki celah-celah sehingga kotoran lebih sulit dibersihkan.

Bagaimana agar terhindar dari bakteri berbahaya akibat pemakaian smartphone? Laura menghimbau untuk membersihkan smartphone atau ponsel Anda setiap hari.

Caranya bisa dengan menggunakan tisu anti bakteri, sesering mungkin setelah pemakaian. Jaga juga kebersihan tangan Anda dengan hand sanitizer, atau cuci tangan jika memungkinkan setiap selesai beraktivitas.
Disqus Comments