Monday, November 30, 2015

Uji Beban, 20 Truk Besar Bermuatan 500 Ton Lintasi Jembatan Kertanegara



Sejumlah truk besar dijejerkan di atas Jembatan Kartanegara saat dilakukan uji beban statis.

Raut wajah tegang terpancar di wajah para pejabat Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) ketika 20 truk besar yang masing-masing berkapasitas 25 ton mulai berjejer di atas main span atau bentang utama Jembatan Kartanegara.

Jejeran truk besar tersebut merupakan bagian dari uji beban statis terhadap Jembatan Kartanegara yang telah rampung dikerjakan kontraktor PT Hutama Karya.

Jika dibandingkan dengan kendaraan biasa, jejeran 20 truk besar yang berat keseluruhannya mencapai 500 ton itu setara dengan jejeran 92 unit mobil Toyota Avanza, atau setara pula dengan jejeran 28 unit mobil Mitsubishi Strada Triton.

Rasa was-was para pejabat Pemkab Kukar itu akhirnya sirna setelah dari pantauan tim uji beban tidak terjadi permasalahan pada sistem struktur Jembatan Kartanegara. Jembatan tipe continuous arch bridge atau pelengkung menerus itu tetap aman dan kokoh.

"Alhamdulillah, kegiatan uji beban jembatan ini berjalan lancar. Sekarang kita tinggal menunggu hasil rekomendasi dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Kementerian PU," ujar Pj Bupati Kukar Chairil Anwar.

Ditambahkan Chairil, Pemkab Kukar akan segera menggelar rapat koordinasi dengan pihak terkait guna membahas hasil uji beban dan uji layak fungsi Jembatan Kartanegara tersebut, termasuk membahas pembukaan jembatan tersebut untuk umum. 

"Kami berharap secepatnya jembatan ini sudah bisa digunakan untuk umum. Rencananya tanggal 7 Desember sudah bisa dipergunakan, tergantung hasil rekomendasi dari Kementerian PU," demikian ujarnya. 

Pelaksanaan uji beban terhadap jembatan Kartanegara ini digelar mulai pukul 10.45 WITA, yang diawali dengan uji beban dinamis. Pada uji beban dinamis ini, sebuah truk diminta melintasi balok kayu dengan tinggi sekitar 10 cm. Hempasan roda depan truk pada lantai jembatan ini menghasilkan getaran yang kemudian frekuensinya tercatat dalam sistem pengujian. 

Kegiatan uji beban ini selain dipantau langsung oleh Pj Bupati Kukar, juga disaksikan Ketua DPRD Kukar Salehuddin, Kapolres Kukar AKBP Handoko, Wakil Ketua DPRD Kukar Rudiansyah, Kepala Dinas Bina Marga Kukar Ahyani Fadianur, serta pejabat Kementerian PU Iwan Zarkasi dan jajaran KKJTJ. (win)
Disqus Comments