Monday, December 7, 2015

Siang Ini, Jembatan Kutai Kertanegara Mulai Dibuka

Petugas tengah membersihkan jalur jembatan Kutai Kartanegara seperti tampak pada gambar dibawah kemarin, Senin (07/12/2015) jelang soft opening setelah melalui uji coba beban. Meski kemarin belum dibuka untuk umum tapi ada beberapa mobil truk yang dibiarkan melintasi jembatan Tenggarong tersebut kemarin.

Setelah ditunda sehari dikarenakan adanya pemasangan rambu-rambu jalan, jembatan Kartanegara yang telah rampung pengerjaannya akan difungsikan mulai hari ini untuk masyarakat umum. 

Namun, kegiatan soft opening atau pembukaan jembatan Kartanegara ini baru akan dilakukan pada siang nanti, tepatnya pada pukul 14.00 WITA. Bukan pagi hari seperti yang direncanakan sebelumnya. 


"Soft opening tidak jadi digelar pada Selasa pagi. Karena Pj Bupati Kukar sudah punya kegiatan lain yang sudah diagendakan sebelumnya," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Setkab Kukar, Dafip Haryanto. 

Sementara dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kukar, Marsidik, seluruh rambu dan pembatas jalan telah selesai dipasang pada Senin (07/12) kemarin. "Akses keluar masuk jembatan ini lewat samping Kantor Bupati Kukar," katanya. 

Menurut Marsidik, pihaknya memasang pembatas jalan di sekitar proyek pembangunan bundaran CBD (Central Business District) Tenggarong. "Bundaran ini masih belum rampung dan masih dalam tahap pengerjaan. Jadi kita buat pembatas agar tidak ada kendaraan yang salah arah saat keluar dari jembatan," ujarnya. 

Terkait soft opening jembatan Kartanegara sore ini, menurut Marsidik, masyarakat umum sudah bisa melintasi jembatan tersebut sore ini sekitar pukul 15.00 WITA. "Karena jam 14.00 WITA masih ada seremoni oleh Pj Bupati, jadi sekitar jam 15.00 WITA sudah bisa dilewati," kata Marsidik. 

Setelah dibuka untuk umum, lanjut Marsidik, jembatan Kartanegara akan beroperasi selama 24 jam. Kecuali jika ada pekerjaan pembongkaran tower sementara yang ada di sisi Tenggarong dan Tenggarong Seberang, barulah jembatan ini hanya dioperasikan setengah hari. 

"Nanti kalau ada pembongkaran tower pada pekan keempat Desember, jembatan dioperasikan mulai jam 06.00 hingga 18.00 WITA," pungkasnya.

Disqus Comments