Tuesday, January 27, 2015

Peluang Investasi Kota Bontang


Pemerintah Kota Bontang saat ini senantiasa berkomitmen membuka Peluang Investasi dalam sektor kelautan perikanan dan pariwisata, untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini merupakan dukungan kebijakan pemerintah guna menciptakan investasi yang kondusif agar dapat menarik para investor.
Kawasan yang akan dikembangkan sebagai sector kelautan dan perikanan yaitu kecamatan Bontang Selatan dengan produksi ikan pada tahun 2013 sebesar 7.499 dan Kecamatan Bontang Utara dengan produksi ikan sebesar 6.566. potensi yang akan diarahkan pada sektor kelautan dan perikanan adalah budidaya udang 262,1 ha dengan pemanfaatan 131,05 ha, budidaya bandeng 262,1 ha dengan pemanfaatan 63,63 ha, budidaya rumput laut 676 ha dengan pemanfaatan 331 ha dan budidaya ikan laut 833 ha, seperti dilansir dari laman BPPTPM (Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal) Kota Bontang.

Dengan hasil produksi di kawasan tersebut salah satunya adalah pengolahan ikan kering, pengolahan amplang, rumput laut serta pengolahan ikan asin. Pengembangan hasil produksi tersebut didukung oleh jumlah penangkapan ikan yang melimpah saat musim panen dan masih tersedianya lahan untuk pengembangan rumput laut. Namun demikian, dalam aspek pengelolaan dan pemasaran hasil perikanan, masih terdapat kendala pada kapal dan alat tangkap nelayan serta pemafaatan lahan budidaya rumput laut belum dilakukan secara optimal.

Potensi pengembangan perikanan kelautan masih diperlukan peningkatan kapasitas dan modal kerja sehingga kualitas ikan olahan menjadi lebih baik dan layak untuk ekspor. Sehingga dalam RUPM Kota Bontang, pemerintah menetapkan pemberian insentif berdasarkan criteria bidang usaha. Salah satunya yang berada didaerah terpencil, didaerah tertinggal, daerah perbatasan atau daerah yang dianggap perlu pemberian insentif.

Sementara itu, kawasan ini juga berpotensi dijadikan kawasan wisata bahari karena memiliki teluk yang melindungi dan secara geografis sangat strategis. Hal ini dibuktikan dengan keragaman objek wisata yang dimiliki Kota Taman, seperti wisata alam dan wisata budaya. Objek Wisata alam yang menarik untuk dikunjungi oleh masyarakat adalah pulau beras basah. Tidak hanya menikmati keindahan pantai beras basah, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam bawa laut yang ada di wilayah tersebut. Sedangkan objek wisata budaya Kota Taman yang terletak di Bontang Kuala, para pengunjung dapat menikmati pesta laut yang diselenggarakan tiap tahunnya. Adapun kendala bagi para mengunjung adalah aksesibilitas yang cukup sulit untuk menuju lokasi wisata di pulau beras basah serta insfratuktur yang masih minim.
Disqus Comments