Tuesday, January 27, 2015

Pemkot Bontang Akan Tata Jaringan Kabel dan Pipa


Pemkot Bontang melalui Sekkot HM Syirajudin belum lama ini mengatakan bahwa pemerintah Kota Taman berencana membangun saluran khusus atau ducting guna penataan jaringan utilitas yang ada di Kota Bontang.

Disampaikan Syirajudin bahwa Tahun 2016 seluruh jaringan utilitas yang melintas diudara maupun yang tertanam akan disatukan dalam suatu saluran bahwah tanah. “Kabel dan pipa jaringan utilitas ini sangat tidak teratur, jadi perlu dilakukan penataan untuk mempercantik wajah kota,” terang Syirajudin.

Dijelaskan mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bontang ini bahwa pembangunan ducting di Kota Bontang sangat penting guna menyatukan seluruh kabel dan pipa yang tertanam dalam tanah maupun yang nampak dipermukaan. Seperti katanya kabel telepon, fiber optik, pipa PDAM, pipa jaringan gas untuk rumah tangga (Jargas), tivi kabel dan lain-lain yang dibuat semrawut.

Pembangunan ducting lanjut Syirajudin juga bertujuan untuk mengatasi kegiatan gali-tutup trotoar setiap kali ada penambahan utilitas. “Kita bisa melihat sering sekali ada galian untuk menanam jaringan pipa, kabel dan lain-lainnya. Akibatnya trotoar terkadang jadi rusak akbibat galian tersebut,” paparnya.

Untuk tahap awal lanjut Syirajudin, pembangunan ducting akan difokuskan di jalan-jalan protokol secara bertahap, termasuk pintu masuk tugu selamat datang di Kota Bontang. Dan selain mempercantik wajah kota, saluran kabel bawah tanah ini katanya juga dapat menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bontang.

“Semua pemilik utilitas diwajibkan membayar retribusi atas penggunaan ducting tersebut, jadi bisa menjadi sumber PAD Kota Bontang juga,” terangnya. 
Disqus Comments