Friday, January 30, 2015

Pulau Melahing - Teripang, Mangrove, dan Budidaya Ikan di Bontang

Rumah di atas permukaan laut adalah salah satu bentuk komunitas yang unik di Kota Taman ini seperti Bontang Kuala, Kampung Terapung Selangan, Tihi-Tihi, Melahing, Selambai dan Pulau Gusung. Kehidupan masyarakat di kampung nelayan tergantung pada laut seperti melaut dan bertanam rumput laut. Masyarakat di Kampung Nelayan sangat ramah dan bersahaja.

Berbagai jenis teripang juga di wilayah perairan pesisir desa Melahing Bontang Kuala Provinsi Kalimantan Timur ini, seperti Holothuria leucospilota, H. edulis, Bohadnis argus, Actnopyga mauritiana dan Stichopus cloronotus.

Tahun lalu, Pemkot Bontang memberikan perhatian yang besar terhadap upaya - upaya pelestarian lingkungan di Pulau Melahing Bontang ini. Namun, tentunya upaya pelestarian lingkungan ini tak hanya menjadi kewajiban dari pemerintah saja, tetapi juga membutuhkan partisipasi dari berbagai pihak seperti Kelompok Pemuda Pemudi Alam (KPPA) Bontang menggelar penanaman sebanyak 46 ribu bibit pohon mangrove. Kegiatan ini dihadiri Wali Kota Adi Darma di Pulau Melahing Bontang Selatan, seperti dilansir KlikBontang di laman kaltimpost.

Anda sudah pernah berkunjung ke Pulau Melihang Bontang ini? Ayo share dong pengalaman kamu dibawah.
Disqus Comments