Sunday, January 11, 2015

Wusata Pulau Beras Basah Pantai Pasir Putih Kota Bontang

Salah satu kota yang ada di Kalimantan Timur yang menjadi pusat perhatian orang ketika travelling adalah Bontang. Bagaimana tidak, kota Taman julukan dari kota Bontang ini terdapat dua perusahaan besar, yaitu PT. Pupuk Kaltim dan PT. Badak LNG.

Berdasarkan informasi dari Wikipedia, Bontang adalah sebuah kota yang terletak dibagian pesisir pantai timur di pulau Kalimantan, tepatnya di provinsi Kalimantan Timur. Di kota Taman ini, ada sebuah pulau yang berada tidak jauh dari Badak LNG yang khas dengan pasir putihnya.

Pulau itu tak lain adalah Beras Basah. Beras Basah adalah salah satu lokasi kawasan wisata bahari. Pulau yang identik dengan pasir putih, pantai yang dangkal dan sebuah menara ini menjadi salah satu tujuan wisata keluarga terutama untuk melihat keindahan bawah laut, berenang, memancing dan banana boat.

Selain suguhan keelokan pantai pasir putih, ada juga mercusuar menjulang tinggi dan pemandangan bawah laut bawah laut yang menakjubkan. Sepintas, dengan nama pulau ini yakni Beras Basah, yang berarti beras terkena air.

Untuk dapat mengunjungi kawasan ini terdapat beberapa akses. Akses yang paling cepat melalui dermaga PT. Badak LNG tetapi karena dermaga ini terletak di kawasan pabrik di harapkan calon pengunjung jg mematuhi peraturan yang di terapkan sementara akses alternatif melalui dermaga Tanjung Limau dan Tanjung Laut.


Pulau Beras Basah yang dulunya hanya menjadi tempat rekreasi terbatas yang diperuntukkan karyawan dan keluarga karyawan perusahaan gas Badak LNG di Bontang. Kini, Anda-pun bisa ke Pulau Cantik ini.

Tidak butuh biaya hingga jutaan rupiah untuk sampai ke Pulau ini jika Anda berada di Kota Balikpapan, Kaltim dan waktu tempuh dari kota Balikpapan ke Kota Bontang kurang lebih 6 jam dan harus melewati terlebih dahulu Kota Samarinda. Jika sudah sampai di kota Taman ini, butuh waktu 45 menit lagi untuk ke Pulau Beras Basah dari pelabuhan Tanjung Laut.

Di Pulau Beras Basah kita dapat menikmati sunset. Alangkah baiknya jika memang ingin puas menikmati disarankan untuk menginap, agar bisa menikmati pemandangan pagi hari dan pemandangan bawah laut di pagi hari. Serta mengunjungi gosong (pulau pasir) yang ada di sekitar Pulau Beras Basah yang tidak kalah menakjubkannya. Gosong tersebut bisa dicapai dengan perahu klotok atau speed boat.

Selain pulau Beras Basah, turis juga dapat mengunjungi pulau Segajah juga masih berada di selat Makassar di wilayah Bontang, Kalimantan Timur. Jarak Pulau Segajah dari Pulau Beras Basah dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat.

Pulau ini juga tidak kalah indahnya dari pulau Beras Basah. Ada banyak fasilitas yang bisa Anda lihat dan nikmati disana seperti mercusuar, musholah, rumah dan pedagang. Berbeda halnya dengan Pulau Segajah. Pulau Beras Basah dan Segajah adalah pulau yang cocok untuk dikunjungi para pencinta diving dan snorkeling.
Disqus Comments